MAJAS ATAU GAYA BAHASA contoh personifikasi, metafora, hiperbola, eufemisme, alegori,dll

Majas adalah gaya bahasa dalam bentuk tulisan maupun lisan yang di gunakan untuk suatu karangan untuk mewakili perasaan dan pikiran pengarang,

Pada dasarnya majas di bagi menjadi empat yaitu :

1. majas perbandingan

2. majas sindiran

3. majas penegasan

4. majas pertentangan

MAJAS PERBANDINGAN
Majas perbandingan adalah majas yang digunakan untuk membandingkan sesuatu dengan lainnya.

a. Majas Personifikasi

Majas personifikasi adalah majas yang membandingkan sesuatu dari benda mati seolah-olah menjadi benda hidup.

contoh:

-hatiku meloncat dari hatinya kepada hatimu

-angin berbisik menyampaikan salamku kepadanya

-penggaris menari di atas meja belajar

b. Majas Metafora

Majas Metafora adalah majas perbandingan yang membandingkan secara langsung dan tepat atas dasar sifat yang sama atau hampir sama

Contoh:
-Raja singa telah pergi kepereduannya
-Dewi malam telah keluar dari balih awan
-Raja hutan datang ke hutan dengan gagah perkasa
-Si penguasa laut berkeliaran kesana kemari

c. Majas Eufemisme(ungkapan pelembut)

Majas Eufemisme adalah majas perbandingan yang melukiskan suatu benda dengan kata-kata yang lebih lembut agar mejadi pengganti kata-kata yang sopan atau tabu bahasa

Contoh:
-Pramuwisma bukan pekerjaan hina
-Orang itu berubah akal
-Pramusaji melayani pelanggan dengan ramah

d.Majas Sinekdokhe

Majas sinekdokhe dibedakan mejadi dua,

1)Pars prototo adalah majas sinekdokhe yang menulisnya sebagian tetapi maksudnya secara keseluruhan,
Contoh:
-sudah beberapa hari Dia tidak sekalipun kelihatan batang hidungnya
-Dia mempunyai lima ekor kuda
-Puncak ubun-ubunnya kelihatan juga dari atas

2)Totem Proparte adalah majas sinekdokhe yang menuliskan atau menerangkan sesuatu secara keseluruhan tetapi yang dimaksud sebagian
Contoh:
-Kaum wanita memperingati hari kartini
-Penghuni sekolah itu sedang melakukan upacara bendera
-SMA N 1 GALUR jadi panitia lomba basket

e.Majas Alegori

Majas Alegori adalah majas perbandingan yang memperlihatkan suatu perbandingan utuh, perbandingan itu membentuk satu kesatuan yang menyeluruh

Contoh:
-Hidup itu dibandingkan dengan perahu yang berlayar di tengah lautan

f.Majas Hiperbola

Majas hiperbola adalah majas perbandingan yang melukiskan sesuatu dengan mengganti peristiwa atau tindakan sesungguhnya dengan kata-kata yang lebih lebat untuk dimengerti

Contoh:
-Harga bensin mebumbung tinggi
-Anak Indonesia merangkak di jalan-jalan
-Menggelepar dalam gubuk-gubuk tanpa jendela

g. Majas Simbolik

Majas Simbolik adalah gaya bahasa yang melukiskan sesuatu dengan mempergunakan benda-benda lain sebagai simbol atau perlambang

Contoh:
-Keduanya hanya cinta monyet

h. Majas Litotes(hiperbola negatif)
Majas Litotes adalah gaya bahasa yang dipakai untuk menyatakan sesuatu untuk tujuan merendahkan diri
Contoh:
-Mampirlah ke gubukku

i. Majas Alusio
Majas Alusio adalah gaya bahasa yang menggunakan pribahasa atau unkapan
Contoh:
-Apakah kejadian meletusnya gunung merapi akan terulang lagi ?


j. Majas Asosiasi

Majas Asosiasi atau Simile adalah gaya bahasa yang membandingkan suatu dengan keadaan lain yang sesuai dengan keadaan yang dilukiskannya
Contoh:
-Pikirannya kusut bagai benang di landa ayam

k. Majas Metonomia

l. Majas Sinisme

m. Majas Sarkasme

n. Majas Pleonasme

contoh macam-macam-majas-gaya-bahasa

contoh lengkap majas

 

gimana dah baguskan post di atas .,.,.,hehe

semoga bermanfaat yaa.,.,!!!

About these ads

Perihal irawanagus
Berbagi Ilmu

20 Responses to MAJAS ATAU GAYA BAHASA contoh personifikasi, metafora, hiperbola, eufemisme, alegori,dll

  1. redny witri mengatakan:

    trima ksh …
    blog nya udh bntu saya buat tgas ..

  2. gianissa mengatakan:

    thx y…. q jd tahu…………

  3. afini roza mengatakan:

    y..,g asyik pun.
    nie tgas mw dikumpul bsok…

  4. Viionaa Annastasyaa mengatakan:

    Thanks udah bantuin nyari tugas aku . . . ..
    tapi aku butuh lebihh ….
    gpp lahh ,,, thanks yahh

  5. Michael Irawan mengatakan:

    Makasih ya udh bantu tgs aku nih..
    Jd slesai deh..
    hehe.. ^___^

  6. dawda mengatakan:

    thanks y aku bisa tau kta pesonifikasi

  7. dawda mengatakan:

    thanks atas bantuan nya

  8. nida mainizar mengatakan:

    bermanfaat banget ko buat saya yang lagi nyusun skripsweet…makasih yaaa :)

  9. Rheyna mengatakan:

    tks atas ilmunya , jadi membantu menyelesaikan tugas

  10. fadillah mengatakan:

    makasih yh atas bantuanx
    jdi mkn mudh deh ngejain tugasx

  11. angel mengatakan:

    bagus sklu materinya. thanks ya :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: